2023-03-18

Rekrut PMA Tingkat Menengah, Ini Yang Harus Dilakukan Majikan

Indosuara -- Layanan aduan 1955 menjelaskan apa yang perlu dikomunikasikan dengan majikan jika hendak beralih menjadi pekerja migran asing tingkat menengah. Salah satunya adalah perlunya majikan melakukan perekrutan dalam negeri di Badan Layanan Umum Ketenagakerjaan.

Menurut Layanan Aduan 1955, berdasarkan ketentuan Undang-Undang Layanan Ketenagakerjaan, majikan harus melakukan perekrutan dalam negeri dengan kondisi kerja yang rasional. Apabila perekrutan tidak terpenuhi, jumlah tenaga kerja tidak mencukupi, barulah dapat mengajukan permohonan izin perekrutan tenaga kerja teknis tingkat menengah ke Kementerian Ketenagakerjaan.

Pada dasarnya prosedur peralihan dari pekerja reguler ke pekerja tingkat menengah memang diajukan oleh pemberi kerja. Tentunya untuk menjadi PMA tingkat menengah perlu memenuhi sejumlah kualifikasi. Mengutip laman Wokrforce Development Agency (WDA), MoL, peralihan tenaga kerja ini dilakukan demi mengatasi kekurangan bakat industri dalam negeri, dan mempertahankan pekerja migran yang telah bekerja di negara Taiwan untuk jangka waktu tertentu dan yang terampil.

"Serta pendidikan tinggi negara Taiwan membina pelajar ekspatriat dengan gelar associate atau lebih tinggi, pada tanggal 17 Februari 2022 Eksekutif Yuan menyetujui “Rencana Mempertahankan Tenaga Kerja Teknis Menengah Asing” (disingkat dengan Program Mempertahankan Bakat Menggunakan Pekerja Asing untuk Jangka Panjang), dengan kondisi tidak memengaruhi hak dan kepentingan ketenagakerjaan serta gaji warga negara," demikian tulis WDA di webnya.

Targetnya adalah orang asing yang saat ini dipekerjakan untuk melakukan pekerjaan dalam Pasal 46 ayat 1 butir 8 hingga butir 10 Undang-Undang Layanan Ketenagakerjaan (berikutnya disingkat dengan pekerja migran), dan yang telah bekerja secara berlanjutan selama lebih dari 6 tahun. Selain itu, Pekerja migran yang sudah pernah bekerja secara kumulatif lebih dari 6 tahun lalu keluar negeri, yang kemudian masuk kembali ke negara Taiwan, masa kerjanya mencapai batas tahun kerja yang ditetapkan dalam Pasal 52 Undang-Undang Layanan Ketenagakerjaan (pekerja perawatan di rumah tangga selama 14 tahun, industri lainnya selama 12 tahun).

"Akumulasi masa kerja pekerja migran yang mencapai batas tahun kerja yang ditetapkan dalam Pasal 52 Undang-Undang Layanan Ketenagakerjaan, dan telah keluar dari negara Taiwan; Pelajar asing, pelajar ekspatriat, atau pelajar Tionghoa lainnya yang lulus dari perguruan tinggi dan universitas di negara Taiwan, memperoleh gelar associate atau lebih tinggi," jelas WDA.

Ayuk belanja kebutuhan sehari-hari Anda di Indosuara!

Lihat Lebih Banyak

Berita Terbaru Lainnya

Pergi ke Luar Sendirian, Lansia 92 Tahun Tersesat dan Hilang Selama 2 Hari

Foto: TVBS Indosuara — Seorang wanita berusia 92 tahun dengan nama belakang Liao (廖) tersesat saat berada di luar sendirian dua hari yang lalu. Polisi di Renwu, Kaohsiung (高雄仁武), meninjau rekaman kamera pengawas dan melakukan pencarian, tetapi tidak berhasil menemukannya. Baru pada tengah hari ini ...

Pengendara Wanita Bertabrakan dengan Youbike, Jatuh Lalu Tewas Terlindas Bus Wisata

Foto: CT WANT Indosuara — Pada hari ini (20) sekitar pukul 7:48 pagi, seorang wanita bernama Tan (覃), berusia 48 tahun, mengendarai sepeda motor melintasi persimpangan Jalan Linsen Barat (市林森西路) dan Jalan Minquan (民權路) di Kota Chiayi (嘉義市), lalu bertabrakan dengan seorang pria bernama Li (李) yang m...

Hati-hati! Hujan akan Turun di Seluruh Taiwan Selama 8 Hari Berturut-turut

Foto: TVBS Indosuara — Hari ini (20), suhu udara di Taiwan kembali meningkat, mencapai 33 derajat Celsius secara luas, bahkan angin kencang terjadi. Namun, Taiwan akan mengalami perubahan cuaca besar-besaran. Minggu depan, "2 gelombang front" akan berurutan menyerang, menyebabkan hujan di seluruh T...

Seorang Pria Ditemukan Tertembak di Kepala dan Tergeletak di Sebuah Taman

Foto: CT WANT Indosuara — Pada tanggal 17 di Taman Nanxing, Distrik Beitun, Kota Taichung (台中市北屯區南興公園), terjadi kasus pembunuhan di mana seorang pria berusia 62 tahun dengan nama belakang Lin (林) tertembak di kepala dan tergeletak di trotoar. Saat ditemukan, dia sudah jelas meninggal dunia. Polisi ...