2023-05-25

Penyalur PMA Ilegal di Taiwan Selatan Dibekuk Polisi

Foto: UDN

Indosuara -- Seorang pria bermarga Huang (黃姓) yang diduga telah menjadi agen perantara bagi PMA (Pekerja Migran Asing) dengan status hilang kontak (ilegal), berhasil dibekuk oleh aparat yang berwenang.

Dalam kurun 3 tahun belakangan, Huang terlihat sering mondar-mandir di rumah sakit yang berlokasi di selatan Taiwan, untuk menawarkan jasa PMA ilegal, dengan cara mendistribusikan kartu nama ke keluarga pasien.

Bisnis Huang terbilang cukup lancar, sampai-sampai dirinya kemudian merekrut istri dan keponakannya untuk bergabung, guna menyediakan makanan dan layanan penampungan tempat tinggal sementara bagi PMA illegal.

Setelah diselidiki selama berbulan-bulan, Huang yang berusia 67 tahun tersebut berhasil dibekuk. Dan di beberapa lokasi, seperti Yunlin, Tainan dan Pingtung, polisi berhasil menahan PMA Ilegal yang diduga berada di bawah naungan Huang.

Menurut pemberitaan yang ada, Huang awalnya menjalankan bisnis karaoke yang kemudian menarik perhatian banyak PMA untuk datang bernyanyi. Dari sinilah, Huang kemudian mulai berkenalan dengan banyak PMA ilegal. Huang mengamati bahwa kondisi di selatan Taiwan tengah mengalami krisis kekurangan perawat asing. Ia pun kemudian menggunakan peluang ini untuk diam-diam menjadi agen penyalur PMA ilegal.

Semenjak tahun 2020, Huang beserta kaki tangannya sering mendatangi kawasan rumah sakit di selatan Taiwan untuk mendistribusikan kartu nama dan mengajak PMA ilegal untuk bekerja sama dengannya.

Kini Huang telah dibekuk oleh pihak kepolisian, dan kasusnya telah dilimpahkan kepada Biro Ketenagakerjaan untuk diselidiki lebih luas dan mencari tahu apakah ada pihak-pihak lain yang terlibat.

Ayuk belanja kebutuhan sehari-hari Anda di Indosuara!

Lihat Lebih Banyak

Berita Terbaru Lainnya

Pergi ke Luar Sendirian, Lansia 92 Tahun Tersesat dan Hilang Selama 2 Hari

Foto: TVBS Indosuara — Seorang wanita berusia 92 tahun dengan nama belakang Liao (廖) tersesat saat berada di luar sendirian dua hari yang lalu. Polisi di Renwu, Kaohsiung (高雄仁武), meninjau rekaman kamera pengawas dan melakukan pencarian, tetapi tidak berhasil menemukannya. Baru pada tengah hari ini ...

Pengendara Wanita Bertabrakan dengan Youbike, Jatuh Lalu Tewas Terlindas Bus Wisata

Foto: CT WANT Indosuara — Pada hari ini (20) sekitar pukul 7:48 pagi, seorang wanita bernama Tan (覃), berusia 48 tahun, mengendarai sepeda motor melintasi persimpangan Jalan Linsen Barat (市林森西路) dan Jalan Minquan (民權路) di Kota Chiayi (嘉義市), lalu bertabrakan dengan seorang pria bernama Li (李) yang m...

Hati-hati! Hujan akan Turun di Seluruh Taiwan Selama 8 Hari Berturut-turut

Foto: TVBS Indosuara — Hari ini (20), suhu udara di Taiwan kembali meningkat, mencapai 33 derajat Celsius secara luas, bahkan angin kencang terjadi. Namun, Taiwan akan mengalami perubahan cuaca besar-besaran. Minggu depan, "2 gelombang front" akan berurutan menyerang, menyebabkan hujan di seluruh T...

Seorang Pria Ditemukan Tertembak di Kepala dan Tergeletak di Sebuah Taman

Foto: CT WANT Indosuara — Pada tanggal 17 di Taman Nanxing, Distrik Beitun, Kota Taichung (台中市北屯區南興公園), terjadi kasus pembunuhan di mana seorang pria berusia 62 tahun dengan nama belakang Lin (林) tertembak di kepala dan tergeletak di trotoar. Saat ditemukan, dia sudah jelas meninggal dunia. Polisi ...