2023-05-25

Keluarga Taiwan Didakwa Melakukan Penganiayaan Terhadap PMI yang Tinggal Bersama Mereka

Foto: CNA

Indosuara - Seorang wanita dan dua putrinya yang sudah dewasa didakwa dengan berbagai pelanggaran setelah jaksa menyelidiki dugaan penganiayaan serius terhadap pekerja perawatan Indonesia.

Mengutip Taiwan News, pada 23 Maret, jaksa Taichung menggerebek rumah seorang wanita bernama Hou (侯) berusia 70-an, yang merupakan ibu dari dua wanita lain yang didakwa, keduanya bernama Wen (文) dan berusia 40-an.

Ketiganya didakwa dengan mengurung pekerja migran di kediaman, memukulinya, menyita ponsel dan paspornya, membuatnya bekerja selama lebih dari 21 jam sehari, dan memotong gajinya secara ilegal. Hou mempekerjakan perawat Indonesia setelah putranya terkena stroke pada Mei tahun lalu.

Jaksa mengatakan selama sembilan bulan pengasuh itu bekerja, kepalanya dibenturkan ke dinding, diinjak, digigit, disiram air, dan dipaksa membuka sebagian pakaiannya.

Pengasuh itu juga disuruh bekerja dari pukul 06.30 hingga 03.00 setiap hari, dan dipotong 10 ribu NTD dari gajinya karena mencuci sebanyak lima kali, kata jaksa.

Agen tenaga kerja pengasuh diberitahu tentang sesuatu yang salah setelah suami PMI tersebut menghubungi mereka untuk mengatakan bahwa dia tidak mendengar kabar dari istrinya selama beberapa bulan, setelah itu agen tersebut menghubungi pengasuh tersebut. Mereka menemukan wanita itu memar parah dan tidak memiliki uang.

Agensi menghubungi biro tenaga kerja dan departemen imigrasi Taichung. Setelah polisi menggeledah kediaman Hou dan putrinya pada akhir Maret, ketiganya ditahan. Hou kemudian dibebaskan dengan jaminan 50 ribu NTD.

Menurut statistik pemerintah, sekitar 730.000 pekerja migran dipekerjakan di Taiwan pada tahun 2022, yang merupakan sekitar 6% dari tenaga kerja Taiwan. Gaji rata-rata pekerja migran di Taiwan yang bekerja di bidang perawatan adalah sekitar 21 ribu NTD per bulan pada Juni 2022.

Pada hari Selasa (23 Mei), Kementerian Tenaga Kerja mengumumkan akan melonggarkan pembatasan imigrasi untuk mengizinkan tambahan 28.000 pekerja migran ke Taiwan, setengah dari mereka akan bekerja sebagai pengasuh. Pekerja migran Taiwan seringkali berasal dari negara-negara Asia Tenggara, bekerja di bidang pengasuhan, pertanian, atau konstruksi, dan tertarik ke Taiwan karena upah yang ditawarkan relatif lebih tinggi.

Ayuk belanja kebutuhan sehari-hari Anda di Indosuara!

Lihat Lebih Banyak

599NT

MAKE UP KOSMETIK 化妝品SKIN CARE 保養品

399NT

SKIN CARE 保養品

249NT

MAKE UP KOSMETIK 化妝品SKIN CARE 保養品SCARLETT

Berita Terbaru Lainnya

Rumah Tinggal di Tainan Terbakar, 19 Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Foto: CTWANT Indosuara — Hari ini (21), pada sekitar pukul 12 siang di Distrik Annan, Tainan (台南市安南區), sebuah rumah tinggal tiba-tiba terbakar. Petugas pemadam kebakaran segera mengerahkan 19 mobil pemadam kebakaran untuk melakukan operasi penyelamatan. Dilansir oleh CTWANT, pukul 12:30 siang, Pus...

Sebuah Truk Kecil Menabrak Sepeda Motor, Pengendara Motor Tewas

Foto: TVBS Indosuara — Pada siang hari ini (21) di Distrik Timur Taichung (台中), terjadi kecelakaan mobil yang mengakibatkan kematian. Seorang pria berusia 23 tahun dengan nama belakang Tang (唐), mengendarai sepeda motor, mengikuti Jalan Dongfu (東福) dari utara ke selatan. Seorang pria berusia 56 tah...

Seorang Pria di MRT Taichung Menyerang Dengan Pisau, 4 Orang Terluka

Foto: TVBS Indosuara — Pada pagi ini (21), tersebar berita tentang insiden penyerangan di MRT Taichung (台中). Di dalam kereta di Stasiun MRT, seorang pria yang mengenakan jaket coklat diduga menyerang orang dengan pisau buah. Penumpang di dalam kereta melawan dengan menggunakan payung dan benda-ben...

Kebakaran Apartemen Zhonghe di New Taipei, Petugas Pemadam Segera Datang

Foto: LTN News Indosuara — Sebuah kebakaran terjadi di sebuah apartemen di Jalan Huaxing, Distrik Zhonghe, Kota New Taipei (新北市中和區華興街), sekitar pukul 3 sore hari ini. Dilansir oleh LTN News, setelah menerima laporan, petugas pemadam kebakaran dan polisi segera bergerak untuk memberikan bantuan. K...