2024-02-11

Waspada Uang Palsu Saat Imlek, Hampir Sulit Dibedakan dengan yang Asli

Foto: RTI

Indosuara — Selama perayaan tahun baru Imlek ini warga diminta untuk mewaspadai beredarnya uang palsu. Soalnya dikutip dari Radio Taiwan Internasional, baru-baru ini, seorang netizen melaporkan kejadian yang menimpa temannya. Teman si pengunggah ini menerima uang palsu yang memiliki kesamaan sangat sempurna, sehingga sulit dikenali.

Pada tanggal 7 Februari 2024, salah seorang netizen mengunggah postingan melalui grup Facebook "爆廢1公社Bào fèi 1 gōngshè". Netizen prihatin memposting foto yang diambil oleh temannya, yang menampilkan uang palsu NT$500 sebagai subjek utama.

Pada saat yang sama, ia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat menerima uang selama periode Tahun Baru Imlek, bahkan saat naik taksi ada risiko menerima uang palsu.

Dalam gambar tersebut, terlihat jelas bahwa uang palsu NT$500 tersebut jika dibandingkan dengan uang asli, tidak memiliki perbedaan warna yang signifikan. Nomor seri dan desainnya juga tidak ada yang berbeda.

Jika diperhatikan lebih seksama, pada bagian bawah uang (asli), biasanya akan terdapat tulisan "中央印製廠 Zhōngyāng Yìnzhì Chǎng", yang artinya "Percetakan oleh Bank Sentral".

Sedangkan pada bagian bawah uang (palsu), tertulis sebenarnya tertulis "魔術印製廠Móshù Yìnzhì Chǎng", yang artinya "Percetakan oleh Pabrik Sulap".

Postingan tersebut menarik banyak perhatian, dan ada beberapa netizen yang juga mengaku baru saja menjadi korban, yakni menerima uang palsu yang tetap sama dengan aslinya.

Menghadapi peredaran uang palsu di pasaran, para netizen pun mengungkapkan kekesalan mereka, "Ini benar-benar sulap", "Orang yang menggunakan uang seperti ini benar-benar tidak bermoral", "Kok mereka bisa menggandakan (memalsukan) garis pengamannya?".

Faktanya, Bank Sentral pernah membagikan cara membedakan uang kertas NT$500 asli dan palsu di situs web resminya:

  1. Raba permukaan uang kertas, pada uang asli, bagian kiri atas, kiri bawah, dan kanan bawah pada angka nominal akan terasa kasar (menonjol) saat diraba.

  2. Ketika diterawang ke arah cahaya, watermark (tanda air) "bambu" dan "500" dapat dilihat pada uang kertas yang asli.

  3. Perhatikan tinta anti-pemalsuan, pada uang asli, angka nominal "500" di kiri bawah akan berubah warna dari emas menjadi hijau saat uang dimiringkan.

  4. Periksa garis pengaman, pada uang asli, garis pengaman akan terlihat berkilau dan diberi tanda "500" saat uang dimiringkan.

  5. Dengan melihat dari samping pada sudut 15 derajat, tulisan tersembunyi "500" akan muncul di bagian kanan bawah gambar.

  6. Efek perubahan cahaya pada film foil berbentuk baris pada bagian depan uang kertas 500 menampilkan efek perubahan cahaya

Ayuk belanja kebutuhan sehari-hari Anda di Indosuara!

Lihat Lebih Banyak

110NT

SKIN CARE 保養品

50NT

MAKE UP KOSMETIK 化妝品SKIN CARE 保養品

50NT

MAKE UP KOSMETIK 化妝品SKIN CARE 保養品

35NT

MAKE UP KOSMETIK 化妝品SKIN CARE 保養品

Berita Terbaru Lainnya

Pemantauan Awal Ramadhan di Taiwan Akan Dilakukan pada 10 Maret

Foto: Taipei Grand Mosque Indosuara — Taipei Grand Mosque Foundation sebagai salah satu otoritas Muslim di Taiwan menyatakan bahwa pemantauan bulan Ramadan tahun 2024/1445 H akan dilakukan pada 10 Maret. Dalam pernyataan yang disampaikan melalui surat edaran itu, Taipei Grand Mosque menyebut penent...

Prakiraan Cuaca Sepekan ke Depan

Foto: Taiwan News Indosuara — Meskipun matahari sesekali muncul di utara pada Rabu (28 Februari), prakiraan cuaca akan lebih banyak mendung dan hujan hingga Sabtu (2 Maret). Dikutip dari Taiwan News, setelah ini, ada kemungkinan cuaca akhir pekan yang beragam diikuti oleh sedikit sinar matahari, m...

Taiwan Buka Kantor Informasi Wisata di Jakarta

Foto: Taiwan News Indosuara — Administrasi Pariwisata telah meluncurkan pusat layanan pariwisata di ibu kota Indonesia, Jakarta, menurut laporan, Rabu (28 Februari). Pembukaan tersebut merupakan bagian dari upaya Taiwan menyambut 12 juta pengunjung pada tahun 2024. Selama setahun terakhir, 6,48 ju...