Taiwan Berencana Untuk Mencabut Peraturan Pemakaian Masker Luar Ruangan Pada Awal Desember

24 November 2022

Foto diambil dari : Taiwan News

Jika COVID-19 saat ini tidak berubah, kewajiban pemakaian masker di luar akan berakhir pada awal Desember, kata kepala Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC) Victor Wang (王必勝) Rabu (23 November 2022).

Jumlah harian infeksi COVID lokal telah turun, dengan total hari Rabu 17.841 merupakan penurunan 21% dari hari yang sama minggu lalu.

Saat tampil di acara radio Rabu, Wang mengatakan bahwa jika COVID ini berlanjut, peraturan penggunaan masker akan berakhir untuk orang-orang di luar pada awal Desember, Radio Taiwan International (RTI) melaporkan.

Situasi saat itu akan menjadi dasar untuk memutuskan kapan tahap kedua akan dimulai, dengan hanya lokasi tertentu seperti rumah sakit, transportasi umum, dan acara dalam ruangan yang padat yang masih membutuhkan pemakaian masker. Karena cuaca musim dingin cenderung membawa lebih banyak infeksi dan penyakit, awal tahap kedua mungkin tidak akan terjadi sebelum akhir tahun.

Selain penurunan pandemi, CECC juga perlu mempertimbangkan kemampuan sistem kesehatan untuk menanggapi kemungkinan infeksi kembali setelah peraturan penggunaan masker dicabut, kata Wang. Dia juga mengatakan skala infeksi pernafasan lainnya harus diperhitungkan sebelum Taiwan dapat mengakhiri peraturan tersebut.

Namun, ketua CECC memperingatkan bahwa meskipun peraturan itu diakhiri, pemakaian masker tetap diwajibkan pada acara-acara massa populer seperti pesta Tahun Baru dan pesta kembang api.