Taiwan Akan Mengumumkan Jadwal Untuk Mengakhiri Peraturan Pemakaian Masker Minggu Depan

23 November 2022

Foto diambil dari : Taiwan News

Taiwan kemungkinan akan mengumumkan berakhirnya peraturan pemakaian masker minggu depan, Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC) mengatakan Selasa (22 November 2022).

Jumlah harian infeksi COVID-19 lokal telah turun selama berminggu-minggu, dengan total turun menjadi 11.888 pada Senin (21 November 2022). Taiwan membuka kembali perbatasannya dan menghapus karantina wajib bagi pendatang dari luar negeri pada 13 Oktober, dengan pelonggaran lebih banyak yang diperkirakan akan menyusul menjelang akhir tahun.

Otoritas kesehatan mengevaluasi situasi COVID dari minggu ke minggu, tetapi kepala CECC Victor Wang (王必勝) mengatakan pada hari Selasa bahwa penghentian wajib pemakaian masker tidak mungkin dilakukan sebelum pemilihan lokal pada hari Sabtu (26 November 2022).

Sebelumnya, CECC mengatakan pihaknya mendukung penghentian bertahap pemakaian penggunaan masker dalam tiga tahap, lapor Liberty Times. Pada awalnya pemakaian masker tidak lagi diwajibkan di luar, tetapi tetap diwajibkan di dalam, misalnya di kereta api dan bus, serta di dalam toko. Pada fase kedua, lokasi tertentu seperti rumah sakit, transportasi umum, dan acara besar dalam ruangan masih mewajibkan pemakaian masker, dengan fase ketiga menggantikan persyaratan dengan saran.