Taiwan Akan Memulai Kampanye Vaksinasi Flu Tahunan Pada 1 Oktober 2022

29 September 2022

Foto diambil dari : Focus Taiwan

Pemerintah akan meluncurkan program vaksin influenza gratis tahunan untuk kelompok berisiko tinggi pada 1 Oktober 2022, dengan lebih dari 6 juta dosis vaksin tersedia.

Taiwan biasanya memulai program vaksinasi gratis pada bulan Oktober menjelang musim flu tahunan, yang biasanya dimulai pada bulan November dan mencapai puncaknya sekitar Februari tahun berikutnya sebelum mereda pada bulan Maret.

Menurut CDC, program ini akan dibagi menjadi dua tahap tahun ini. Pada tahap pertama, mulai 1 Oktober 2022 orang-orang dalam kategori berikut akan bisa mendapatkan vaksin flu secara gratis.

Kategori termasuk anak di bawah umur dari 6 bulan sampai siswa sekolah menengah atas; manula berusia 65 tahun ke atas; pekerja medis; mereka dengan penyakit berisiko tinggi, kronis, langka, dan serius atau cedera parah; wanita hamil; orang tua dari bayi di bawah 6 bulan; dan karyawan di prasekolah dan pusat penitipan anak.

Juga memenuhi syarat adalah penghuni dan pekerja panti jompo, tenaga medis dan kesehatan masyarakat, orang yang bekerja di sektor peternakan unggas atau ternak, dan personel karantina hewan, kata CDC.

Pada tahap kedua, yang dimulai pada 1 November 2022, orang berusia 50-64 tahun akan bisa mendapatkan vaksin flu gratis.

Mereka yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin dapat menggunakan situs web CDC atau departemen kesehatan setempat, atau menghubungi hotline pemerintah 1922 untuk mengetahui di mana vaksin flu tersedia, dan disarankan untuk membuat janji di rumah sakit atau klinik sebelum mendapatkan vaksin, kata CDC.

Menurut CDC, vaksin flu dapat diberikan bersamaan dengan vaksin lain, termasuk vaksin COVID-19, tetapi harus diberikan pada anggota tubuh yang terpisah.

CDC mengatakan telah membeli sekitar 6,09 juta dosis vaksin flu tahun ini, atau cukup untuk menutupi 25 persen populasi Taiwan, dari pembuat vaksin Prancis Sanofi, serta Adimmune Corp Taiwan dan TTY Biopharm.