Seorang Pria Berhasil Selamat Dari Tanah Longsor di Nantou

17 Mei 2022

Foto diambil dari : Taiwan News

Video Dashcam muncul pada hari Selasa (17 Mei 2022) menunjukkan seorang pria berhasil melarikan diri dari tanah longsor besar di Nantou, Taiwan.

Pada Senin (16 Mei 2022), Taiwan telah dilanda hujan deras selama tiga hari berturut-turut yang disebabkan oleh hujan prem. Sekitar pukul 1 siang. sore itu, seorang pria bermarga Lin (林) menghentikan mobilnya karena dia menemukan sejumlah besar puing di jalan pegunungan di Desa Tsuiwah di Kotapraja Renai Kabupaten Nantou dan keluar dari mobilnya untuk membersihkannya.

Dari kamera dasbornya, Lin terlihat berjalan menuju puing-puing dan dengan hati-hati melihat ke atas ke sumbernya yang lebih tinggi di lereng. Saat melihat ia merasakan bahaya yang akan segera terjadi, Lin segera melesat kembali ke kendaraannya.

Dia melompat masuk dan memundurkan mobil secepat yang dia bisa. Lin terdengar berseru "woo!" saat dia berhasil membuat jarak antara dirinya dan gunung lumpur yang runtuh.

Tanah longsor kemudian terlihat meruntuhkan lereng, menghancurkan semua yang dilaluinya termasuk pepohonan dan bagian jalan yang baru saja dia berdirii beberapa saat sebelumnya.

Kao Cheng-kung (高政光), kepala Desa Tsuiwah dikutip oleh NOWnews menyatakan bahwa setelah berhari-hari hujan deras, air merembes ke celah-celah di dinding penahan jalan, menyebabkannya melemah dan akhirnya runtuh, mengakibatkan tanah longsor. Kao mengatakan bahwa tidak ada korban luka yang dilaporkan karena tidak ada warga yang berada di daerah tersebut ketika tanah longsor terjadi.

Kao berkata bahwa desa tersebut memiliki jalan lain untuk masuk dan keluar dan ketika cuaca cerah, pekerjaan akan dimulai untuk memperbaiki jalan yang rusak.