Polisi Taiwan Memperingatkan Penipuan Yang Menggunakan Aplikasi Kesehatan

15 Agustus 2022

Foto diambil dari : Taiwan News

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan (MOHW) menjadi terkenal selama pandemi COVID-19, pelaku penipuan telah meniru aplikasi yang dibuat kementerian untuk menipu publik, kata polisi Sabtu (13 Agustus).

Dalam kebanyakan kasus, kelompok yang berpura-pura menjadi Depkes akan mengirim email yang menawarkan informasi tentang program bantuan keuangan, menurut Biro Investigasi Kriminal (CIB). Setelah penerima mencari situs web yang disebutkan dalam email dan mengisi informasi dasarnya termasuk nomor ID, nomor rekening bank, dan nomor kartu kredit, uang akan diambil dari rekeningnya.

CIB memperingatkan penerima email untuk memeriksa nama-nama situs web yang terlibat, karena jaringan penipuan sering kali tidak menggunakan situs web kementerian yang sebenarnya www.mohw.gov.tw, tetapi menambahkan huruf atau angka bahasa Inggris lainnya sebelum "gov," CNA melaporkan.

CIB memberikan contoh seorang pria dan seorang wanita yang secara terpisah masing-masing kehilangan NT$100.000 (US$3.300) dalam penipuan terkait Depkes. Anggota masyarakat yang menerima email serupa harus mempertimbangkan dengan cermat situs web yang tercantum dalam pesan sebelum mengisi apa pun, dan memeriksa situs web kementerian pemerintah yang sebenarnya.

Jika ragu, dapat menghubungi hotline anti-penipuan 165 dan berkonsultasi dengan situs web 165, kata CIB.