2024-05-20

Perubahan Cuaca Tiba-Tiba Sore Ini! Akan Turun Hujan 5 Hari Berturut-Turut

Foto: TVBS

Indosuara — Pakar cuaca “Weather Risk” menyatakan bahwa setelah cuaca stabil yang jarang terjadi minggu lalu, cuaca mulai tidak stabil mulai hari ini (tanggal 20). Dengan masuknya angin muson barat daya musim panas melalui Semenanjung Indochina ke Laut Cina Selatan, angin bergerak ke arah Taiwan. Kelembaban udara meningkat, kondisi atmosfer mulai mendukung pengembangan sistem konveksi atau hujan. Selain itu, ada juga adanya gelombang pendek barat di sebelah utara yang bergerak ke timur, serta adanya aliran udara dingin yang lemah turun ke selatan.

Peralihan cuaca pertama yang lebih menyerupai musim hujan tahun ini akan perlahan-lahan terbentuk di sepanjang pesisir selatan China hingga Taiwan, dan mungkin akan berada di sekitar wilayah tersebut selama sekitar 2-3 hari. Dampaknya akan terasa cukup besar mulai hari ini hingga Rabu (22), dengan kemungkinan adanya hujan lokal yang lebat. Barulah pada Kamis dan Jumat (23 hingga 24), posisi peralihan cuaca akan mulai mundur ke utara, dan kemungkinan akan kembali ke selatan sungai Yangtze (長江) selama akhir pekan (25 hingga 26), menjauh sementara dari Taiwan, dengan cuaca yang lebih cenderung terjadinya hujan petir di siang hari. Namun, kemungkinan hujan secara keseluruhan masih cukup tinggi, jadi perlu diingat untuk lebih waspada dalam minggu mendatang.

Dilansir oleh TVBS, “Weather Risk” menunjukkan secara rinci, selama hari ini (tanggal 20), angin muson barat daya akan secara bertahap menguat, dan kelembaban akan meningkat. Akan ada hujan lokal singkat atau petir di setengah bagian barat, dan juga akan ada hujan lokal singkat atau petir mulai di siang hari di setengah bagian timur. Petir, ketika peralihan cuaca di permukaan secara bertahap meningkat di malam hari, mungkin ada sistem konvektif yang berkembang dan menurun di dekat Taiwan. Akan terus ada hujan singkat atau petir di berbagai tempat.

Menurut perkiraan, seharusnya ada peluang hujan lebat lokal, karena intensitas angin muson barat daya belum terlalu kuat, aliran udara dingin yang bergerak dari utara ke selatan juga tidak terlalu jelas, sehingga struktur peralihan cuaca relatif tidak lengkap. Diperkirakan bahwa perkembangan sistem konvektif akan cukup tersebar. Curah hujan sebenarnya masih bisa bergantung pada apakah sistem konvektif langsung mempengaruhi daratan atau tidak.

Bagi orang yang bepergian hari ini, jangan lupa membawa perlengkapan hujan, dan perhatikan perubahan cuaca. Jangan bepergian ke daerah rendah dan berbahaya, seperti sungai dll. untuk sementara waktu.

Ayuk belanja kebutuhan sehari-hari Anda di Indosuara!

Lihat Lebih Banyak

Berita Terbaru Lainnya

Kapal Kargo Terbakar di Pelabuhan Kaohsiung, 3 Korban Mengalami Luka Bakar

Foto: LTN News Indosuara — Kapal kargo bernama Hui Feng (輝豐) berbendera Taiwan terbakar secara tiba-tiba pada pukul 8 pagi di lepas pantai Pelabuhan Kaohsiung (高雄港) hari ini (12). Insiden tersebut mengakibatkan 3 awak kapal mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit Kaohsiung Medical Univer...

Longsoran Batu Besar di Jalan 159A, Chiayi! Jalan Terputus Dalam Perbaikan Darurat

Foto: CT WANT Indosuara — Jalan 159A, Kabupaten Chiayi (嘉義縣道159甲), Kilometer 28 (Desa Fanlu/番路鄉), pada pagi hari tanggal 12 tiba-tiba terjadi longsoran batu dalam jumlah besar, menyebabkan jalan terputus dan sementara tidak bisa dilalui. Setelah menerima laporan, Dinas Pekerjaan Umum segera memberi...

Kebakaran Besar di Pabrik Xindian, Warga Diimbau untuk Menutup Pintu dan Jendela

Foto: CT WANT Indosuara — Pada hari ini (11 Juni), terjadi kebakaran besar di pabrik pengecatan di Jalan Anye, Distrik Xindian, Kota New Taipei (新北市新店區安業街). Departemen Pemadam Kebakaran menerima laporan pada pukul 17:28 dan mengerahkan 35 kendaraan serta 66 personel untuk memadamkan api. Polisi jug...