KDEI Taipei Buka Permohonan Paspor Mobile Service di Taichung

23 November 2022

Pengumuman Mobile Service Shelter Taichung oleh KDEI Taipei (Dok. Facebook/KDEI Taipei)

Indosuara - Kamar Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei telah membuka permohonan perpanjangan paspor Indonesia untuk Mobile Service atau layanan servis keliling di Taichung.

Kegiatan tersebut akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022 pada pukul 09.00-14.00 di No. 10 Baoshan 2nd street, Nantun District, Kota Taichung.

Ada beberapa layanan yang disediakan dalam kegiatan tersebut, salah satunya keimigrasian yaitu untuk perpanjangan paspor. Ada juga layanan lainnya yaitu konsultasi bagi warga negara Indonesia yang ada di Taiwan. Serta desk lapor diri bagi WNI di Taiwan.

Layanan lapor diri bagi WNI di Taiwan adalah layanan baru yang fokus pada keperluan kekonsuleran di KDEI Taipei. Bagi yang ingin mengikuti layanan lapor diri, diminta untuk melengkapi dokumen identitas diri seperti ARC, KTP, atau paspor.

Untuk warga Indonesia yang ingin memperpanjang paspor diminta untuk mendaftar terlebih dahulu melalui Whatsapp di nomor 0905-231-225.

Selain itu, pelayanan hanya diberikan kepada pemohon yang masa berlaku paspornya akan habis maksimal pada 30 April 2023.

Pendaftaran ini ditutup pada Rabu, 7 Desember 2022 pukul 12 siang waktu Taiwan, atau sampai memenuhi kuota yaitu sebanyak 160 pendaftar.

Pemohon juga diminta melakukan pembayaran paspor di Bank Changhwa sebesar 800 dolar Taiwan.

Pemohon juga diminta untuk mengisi formulir permohonan paspor RI yang disediakan secara digital di website resmi KDEI Taipei.

Bagi pemohon yang ingin paspornya dikirim melalui ekspedisi Heimao juga harus mengisi formulir permohonan pengiriman.

Pemohon yang sudah melengkapi persyaratan tersebut dapat mengirimkan bukti pembayaran bak, formulir permohonan paspor RI, paspor lama, dan ARC melalui pesan wahtsapp di hotline bidang Imigrasi KDEI Taipei di 0905-231-225.

Apabila masih ada hal yang ingin ditanyakan, pemohon juga bisa langsung menanyakan pertanyaan melalui nomor yang sama. Atau langsung ke akun resmi KDEI Taipei di Facebook.

Program mobile service ini dilakukan untuk menjangkau warga negara Indonesia yang berjarak cukup jauh dari Taipei. Pelayanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia sehingga tidak kesulitan dalam memperpanjang paspornya.

Layanan ini memang dilakukan setiap hari Minggu untuk mempermudah para WNI khususnya para pekerja migran Indonesia.

Biaya mengurus paspor secara mandiri ini juga terbilang murah jika dibandingkan memperpanjang paspor melalui agen penempatan jasa tenaga kerja. Mengurus paspor secara mandiri hanya dikenakan biaya sekitar 800 dolar Taiwan, sementara jika mengurus melalui agen bisa mencapai 5000-6000 dolar Taiwan.