Aplikasi Air Minum Gratis Membantu Mengurangi Sampah Plastik di Taiwan

5 Agustus 2022

Foto diambil dari : Taiwan News

Aplikasi seluler menyediakan informasi tentang lokasi akses air minum gratis telah berperan dalam mengurangi sampah plastik Taiwan dari botol PET bekas.

Aplikasi “Peta Isi Ulang Air” (My Hong-Te) diluncurkan pada Maret 2020 dengan kolaborasi antara Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan CircuPlus, komunitas startup yang didedikasikan untuk mempromosikan ekonomi sirkular melalui aplikasi ICT.

Aplikasi yang menawarkan informasi tentang 8.300 lokasi air minum gratis telah diunduh 210.000 kali, kata EPA pada acara pers Rabu (3 Agustus 2022). Sekitar 458.000 botol PET telah dihemat, setara dengan pengurangan 40 ton emisi karbon, tulis Pusat Informasi Lingkungan.

Inisiatif ini terinspirasi oleh tradisi yang telah lama hilang ketika rumah tangga akan meninggalkan teko penuh air di jalan untuk pelancong yang lelah yang mendambakan segelas air, kata pendiri CircuPlus Huang Wei-cheng (黃暐程).

Untuk mempromosikan penggunaan aplikasi, acara pers diadakan di pusat informasi pengunjung Gunung Guanyin di New Taipei. Gunung ini menawarkan banyak tempat air minum, yang secara rutin diisi ulang berkat sekelompok penggemar pendakian gunung yang secara sukarela membawa air ke atas bukit.

Huang percaya orang-orang bersama-sama dapat mendorong perubahan positif dengan mendukung kampanye seperti ini untuk visi nol negara pada tahun 2050. Menurutnya, menghilangkan penggunaan 1% air kemasan setahun, atau 10 juta unit, sama dengan emisi yang diserap oleh 2.3 Taman Hutan Daan, taman seluas 26 hektar yang dijuluki "paru-paru Taipei."