Apakah Bisa Kita Keluar Rumah Setelah Karantina 9 Hari Dengan Hasil Tes Yang Masih Positif

20 Mei 2022

Foto diambil dari : TVBS News

Menurut peraturan "7+7" saat ini, setelah 7 hari isolasi di rumah, kamu dapat kembali ke tempat kerja tanpa tes antigen. Namun, jika tes antigen kamu masih positif selama 7 hari ke depan, apakah kamu bisa pergi keluar ? Hal ini juga menyebabkan banyak diskusi dari semua lapisan masyarakat; seorang warga marga Lin di Kabupaten Changhua sembilan hari setelah karantina di tes antigennya masih positif, yang membuatnya merasa bingung. Terkait hal ini, Biro Kesehatan Kabupaten Changhua kemarin (19 Mei 2022) menyatakan bahwa jika manajemen kesehatan diri diterapkan setelah selang waktu 7 hari, kehidupan normal dapat dilanjutkan, dan masker harus selalu dipakai.

Seorang penduduk kabupaten bermarga Lin, yang menderita gejala ringan COVID-19, menunjukkan bahwa dia menjalani pengobatan Qingguan No 1 selama periode karantina. Setelah 7 hari karantina, gejala seperti demam dan nyeri otot menghilang, tetapi ada masih sedikit sakit di tenggorokan, dan kadang-kadang sedikit pusing, jadi dia menambahkan 2 hari lagi untuk mengisolasi diri, tetapi setelah masa isolasi 9 hari, hasil tesnya masih dua baris.

Lin mengatakan bahwa dia telah divaksinasi untuk 3 dosis, dan dia adalah kasus tanpa gejala atau diagnosis ringan yang memenuhi norma perawatan di rumah dan harus karantina selama 7 hari dan manajemen diri selama 7 hari. Namun, orang yang dikonfirmasi seperti dia belum ditandai sebagai "tes antigen positif" atau dapat keluar, yang membuatnya sangat bingung tentang langkah-langkah pencegahan epidemi pemerintah.

Dalam hal ini, Direktur Kesehatan Kabupaten Changhua Ye Yanbo mengatakan bahwa setelah 2 hingga 3 dosis vaksin terinfeksi, viral load akan turun hingga di atas nilai CT 30 dalam 5 hingga 7 hari. Biasanya, nilai CT sebagian besar lebih tinggi daripada 25 pada hari ke 7. Sudah sangat berkurang, dan dia sudah bisa memakai masker untuk perlindungan dan keluar rumah. Sedangkan yang belum divaksinasi akan ditunda hingga 10 hari.
Ye Yanbo mengatakan bahwa tes antigen setelah selang waktu 7 hari mungkin masih positif, namun sekarang kita sudah harus mulai hidup berdampingan dengan virus. Dia juga menjelaskan bahwa setelah meninggalkan karantina selama 7 hari, manajemen kesehatan diri dapat dilakukan, dan kehidupan normal dapat dilanjutkan, tetapi "harus memakai masker saat keluar."